Cara Siaran Live Streaming di Youtube (PC Only) - Open Broadcaster Software


Live streaming untuk jaman sekarang ini sudah bukan hal yang mustahil lagi dilakukan, dari mulai streaming lewat facebook, instagram, bahkan banyak juga aplikasi pihak ketiga yang memberikan layanan streaming secara gratis lewat android.

Pada kesempatan kali ini admin akan menjelaskan secara detail dan lengkap tentang cara melakukan live streaming di youtube dengan menggunakan hp android dan juga PC.

Jadi setelah kamu membaca artikel ini sampai tuntas, maka dijamin untuk kedepannya kamu tidak akan pernah bingung lagi untuk melakukan live streaming atau siaran langsung di youtube, entah itu dengan media android ataupun live streaming menggunakan PC.

Penting !!

  • Sebelum kita memulai tutorial ini, ada beberapa syarat utama yang harus kalian penuhi, Pertama yaitu chanel youtube kalian sudah diverifikasi dengan menggunakan No Hp, jika channel kalian belum di verifikasi maka kalian tidak akan bisa melakukan live streaming di youtube. 
  • Yang kedua adalah kalian harus mengaktifkan fitur Live Stream seperti gambar dibawah ini :

Untuk melakukan live streaming di komputer ini mungkin agak sedikit ribet, terutama bagi kalian yang baru pertama kali, namun jika sudah terbiasa, semua settingannya akan sangat mudah kok. Mau streaming tutorial atau streaming gaming pun sangat mudah.

Sekilas tentang OBS

OBS adalah software gratis dan opensource untuk merekam aktifias monitor dan dapat melakukan live streaming secara mudah. Software ini tidak kaku hanya merekam semua aktifitas monitor kamu, tetapi kamu dapat mengatur windows mana yang ingin kamu rekam, misalnya kamu ingin merekam sebuah permainan game saja atau mau langsung merekam webcam seperti yang biasa youtuber gaming lakukan.

Berikut langkah-langkahnya :
  • Pertama kalian download dahulu softwarenya, silahkan download Disini (file yang didownload sekitar 90Mb)
  • Setelah beres download kalian install pada komputer atau laptop kalian.
  • Sekarang beralih ke youtube, silahkan buka browser yang biasa kalian pakai, lalu kunjungi situs youtube.com lalu login dan masuk ke menu streaming yang ada pada dasboard channel kalian. (cek gambar yang diberi kotak dengan angka 1)
  • Setelah menu streaming terbuka seperti gambar diatas, kolom No 3 lengkapi dengan judul, deskripsi, dan thumbnail video livenya. untuk TAB stream option, monetization dan card biarkan default seadanya saja.
  • Selanjutnya kamu copy Server URL dan Stream Name/key yang ada pada kotak No 5. (klik Reveal untuk melihat key nya)
  • Buka software OBS yang sudah terinstall tadi dan masuk ke File lalu Setting, seperti gambar dibawah ini.
  • Setelah masuk ke menu setting maka akan muncul sepeti gambar dibawah ini, selanjutnya silahkan masuk ke menu Stream – Stream Type : custom streaming server – URL dan Key : isikan dengan kode yang telah kamu copy tadi dari halaman stream youtube
  • Setelah terisi semua seperti gambar diatas, berarti sampai langkah ini kalian sudah berhasil menghubungkan software obs ke channel live kalian.

Setting tampilan video yang akan di tayangkan secara live :


Pada gambar diatas ada 3 kolom diantaranya :

Kolom source dimana tempat ini berguna untuk memilih mode apa saja yang akan ditayang kan secara live.
  • Video capture Device : berguna untuk menampilkan kamera dan tampilan webcam.
  • Display Capture : untuk menangkap layar komputer
  • Media Source : untuk streaming video yang sudah ada, memutar video clip atau film bisa kamu lakukan dengan menambahkan media
  • Selebihnya silahkan kalian coba sendiri, dari 2 mode itu saja rasanya sudah cukup untuk streaming live gaming ataupun membuat tutorial.
Kolom Mixer berguna sebagai tempat mengatur volume audio yang dikeluarkan dari masing-masing perangkat.

Kolom Controls berisi pilihan untuk memulai streaming, memulai merekam untuk disimpan di laptop dan melakukan beberapa setting pada software OBS

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mengubah Ekstensi File di Windows 7 dan 10

Cara Mencatat penggunaan printer di Windows dengan PaperCut Print Logger

Cara membuat kamera android menjadi webcam dengan kabel USB